RIYADUSH SHALIHIN || BAB KEJUJURAN

KEJUJURAN

MANISNYA KEJUJURAN DAN PAHITNYA KEDUSTAAN

إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

“Sesungguhnya kejujuran akan membimbing pada kebaikan, dan kebaikan itu akan membimbing ke surga, sesungguhnya jika seseorang yang senantiasa berlaku jujur hingga ia akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya kedustaan itu akan mengantarkan pada kejahatan, dan sesungguhnya kejahatan itu akan menggiring ke neraka. Dan sesungguhnya jika seseorang yang selalu berdusta sehingga akan dicatat baginya sebagai seorang pendusta.” (Muttafaq Alaihi)

Kandungan Hadits:
1. Motivasi agar senantiasa berlaku jujur, karena kejujuran adalah penyebab dari semua kebaikan dan peringatan agar menjauhi sikap dusta karena kedustaan adalah biang dari semua keburukan.
2. Barangsiapa yang terbiasa melakukan sesuatu hal, maka ia akan disifati dengan kebiasaannya tersebut. (Contoh dalam hadits ini adalah orang yang jujur dan pendusta. Disebut orang jujur karena ia senantiasa jujur, sebaliknya dicap pendusta karena ia senantiasa berdusta).
3. Pahala dan adzab itu tergantung dari amalan apa yang seseorang kerjakan. Jika beramal baik maka pahala yang ia raih dan jika beramal buruk maka adzab yang ia rasakan.

Sumber: Kitab Nuzhatul Muttaqin syarh Riyadush Shalihin karya: Dr. Musthofa Sa’id Al Khin, Dr. Musthofa Al Bugho, Muhyiddin Mistu, Ali Asy-Syirbaji, dan Muhammad Amin Luthfi

=====================================================

Semoga kita dipermudah oleh Alloh Ta’ala untuk senantiasa bersikap jujur ya..

Read Previous

HISNUL MUSLIM || DO’A SEBELUM DAN SESUDAH WUDHU’

Read Next

HISNUL MUSLIM || DO’A KETIKA KELUAR DAN MASUK RUMAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *