GENERASI MILENIAL ???

Alloh Subhnahu wa Ta`ala berfirman:

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا (59)

Datangalah generasi sesudah mereka, sebuah generasi yang mengabaikan sholat dan mengikuti hawa nafsu belaka, mereka akan mendapatkan ghoyya. (Qs. Maryam [19]: 59)

Ibnu Abu Nujaih telah meriwayatkan dari Mujahid rohimahulloh sehubungan dengan makna firman-Nya: Maka datanglah sesudah mereka pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan sholat dan memperturut kan hawa nafsunya. (Qs. Maryam [19]: 59)
Bahwa hal ini terjadi di saat menjelang hari kiamat dan lenyapnya orang-orang sholeh dari umat Nabi Muhammad; maka sebagian dari mereka menerkam sebagian lainnya di jalan-jalan (seperti layaknya hewan liar).

Jabir Al-Ju’fi telah meriwayatkan dari Mujahid dan Ikrimah serta Atho ibnu Abu Robah, bahwa mereka adalah dari kalangan umat ini, tetapi mereka berada di akhir zaman.

وَقَالَ ابْنُ جَرِيرٍ: حَدَّثَنِي الْحَارِثُ، حَدَّثَنَا الْحَسَنُ الْأَشْيَبُ، حَدَّثَنَا شَرِيكٌ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُهَاجِرٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ: {فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ} ، قَالَ: هُمْ فِي هَذِهِ الْأُمَّةِ، يَتَرَاكَبُونَ تَرَاكُبَ الْأَنْعَامِ وَالْحُمُرِ فِي الطُّرُقِ، لَا يَخَافُونَ اللَّهَ فِي السَّمَاءِ، وَلَا يَسْتَحْيُونَ النَّاسَ فِي الْأَرْضِ.

Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepadaku Al-Haris, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan Al-Asy-yab, telah menceritakan kepada kami Syarik, dari Ibrohim ibnu Muhajir, dari Mujahid rohimahulloh sehubungan dengan makna firman-Nya: maka datanglah sesudah mereka generasi pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan sholat dan memperturutkan hawa nafsunya. (Qs. Maryam [19]: 59) bahwa mereka yang disebutkan dalam ayat ini adalah orang-orang dari kalangan umat Nabi Muhammad shollallohu `alaihi wa sallam (di akhir zaman). Mereka saling menaiki di antara sesamanya, sebagaimana layaknya hewan ternak dan unta di jalan-jalan, tanpa rasa takut kepada Alloh di langit dan tidak malu kepada manusia di bumi.

وَقَالَ الْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ: عَطَّلُوا الْمَسَاجِدَ، وَلَزِمُوا الضَّيْعَاتِ.

Al-Hasan Al-Basri rohimahulloh mengatakan bahwa mereka menelan-tarkan masjid-masjid dan bergelimang perbuatan sia-sia. (Tafsir Ibnu Katsir: 5/244)

Oleh Ustadz DR. Muhammad Sarbini, M.H.I

Read Previous

ORANG YANG BERHIJRAH DI ZAMAN INI

Read Next

JANGAN KAU HALANGI SENDIRI DOA-DOAMU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *